Rabu, 03 Juni 2020

, ,

Pengenalan Bahasa Pemrograman C#


Apa itu C# ?

C# atau yang dibaca C sharp (Bukan C Pagar apalagi C Mayor 😂) adalah bahasa pemrograman sederhana yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan umum, yang berarti bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk berbagai fungsi misalnya untuk pemrograman server-side pada website, membangun aplikasi desktop ataupun mobile, pemrograman game dan sebagainya. Selain itu C# juga mengusung konsep pemrograman yang berorientasi objek.
Dalam prakteknya C# sangat bergantung dengan framework yang disebut .NET Framework, framework inilah yang nanti digunakan untuk mengcompile dan menjalankan kode C#. Tujuan dibangunnya C# adalah sebagai bahasa pemrograman utama dalam lingkungan .NET Framework (lihat C#). Banyak pihak juga yang menganggap bahwa Java dengan C# saling bersaing, bahkan ada juga yang menyatakan jika pernah belajar Java maka belajar C# akan sangat mudah dan begitu juga sebaliknya.

IDE untuk C

Dalam mengembangkan aplikasi ataupun fungsi-fungsi lain yang berbasis C#, kita perlu IDE (Integrated Development Environment) untuk membantu pekerjaan kita. Di Windows kita dapat menggunakan Visual Studio yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Akan tetapi tidak semua dari kita memakai OS (Operating System) Windows dan memiliki kapasitas harddisk yang memadai karena perlu diketahui Visual Studio ini sangat memakan tempat di harddisk kita. Karena itu ada IDE alternatif Visual Studio yaitu Xamarin Studio yang bisa dipakai lintas platform yang fiturnya menurut saya tidak kalah hebatnya dengan Visual Studio dan lebih dari cukup untuk membangun aplikasi C#. Selain itu ada juga tool seperti SharpDevelop namun sepertinya hanya bisa untuk platform Windows. Oh iya bagi pembaca yang memakai OS selain windows dapat memakai Mono untuk pengganti .NET Framework. Penulis disini menggunakan Visual Studio sebagai IDE kerena fiturnya memang sangat lengkap.

Struktur Program atau Kode pada C

Dalam pemrograman C# (mungkin juga berlaku untuk beberapa pemrograman lainnya) memiliki 5 struktur dasar yang harus diingat yaitu,
1. Resource atau library
Struktur pertama ini merupakan pendefinisian library apa yang harus ada pada program kita atau library apa yang kita impor.
2. Namespace
Struktur kedua ini adalah nama dari project kita.
3. Nama Class
Struktur ketiga ini berbicara tentang apa nama dari Class yang kita buat dan bisa juga langsung diberi penanda seperti Main Class yang menandakan bahwa Class tersebut Class utama.
4. Deklarasi Method
Struktur keempat ini merupakan pendeklarasian method sebagai awalan untuk menjalankan method atau perintah yang ada di dalamnya, jika didefinisikan dengan "Main" maka method tersebut yang dijalankan pertama kali oleh compiler.
5. Method atau Command
Struktur kelima adalah method atau perintah yang kita berikan untuk di eksekusi oleh compiler.
Sekian untuk perkenalan bahasa pemrograman C# 😀. Untuk artikel selanjutnya barulah kita masuk pembuatan program menggunakan bahasa C# 😀

0 komentar:

Posting Komentar